Sistem Informasi Dalam Bisnis

Jumat, 08 Maret 2013



Definisi Sistem Informasi Bisnis
            Sistem yang melayani transaksi-transaksi bisnis yang terjadi di tingkat bawah(operasional) organisasi. 
Data data dari manajemen operasional dikumpulkan dan diolah sehingga menjadi informasi yang berguna bagi semuanya.
System informasi di fungsi-fungsi organisasi memanfaatkan basis data untuk membuat laporan-laporan yang dibutuhkan disemua tingkatan manajemen.

Kerangka System Informasi Bisnis
            Terdiri dari konsep dasar Sistem Informasi Bisnis, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Si-Bis untuk Keunggulan kompetitif, Perencanaan Si-Bis, dan Tantangan & Peluang TI.
Berikut ini penjelasannya :


·   Teknologi Informasi dan Komunikasi
        Adalah Teknologi yang memanfaatkan Teknologi computer,Internet, dan teknologi komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah pada kegiatan dan operasional organisasi atau perusahaan.

·   Sistem Informasi Bisnis untuk Keunggulan Bersaing
        Si-Bis dapat diterapkan di internal atau eksternal organisasi.  Di internal organisasi, Si-Bis diterapkan pada fungsi organisasi dan di tingkat manajemen. Di eksternal organisasi bertujuan untuk menjangkau pihak eksternal perusahaan agar lebih efektif. Pihak eksternal bisa berupa organisasi lainnya(untuk EDI) atau pemakai individu termasuk konsumen perusahaan.

·   Perencanaan Sistem Informasi Bisnis
            Perencanaan Si-Bis dapat dikembangkan dengan mtode SDLC atau metode alternative. Metode perencanaan denan SDLC dapat menghasilkan system yang berkualitas, tetapi membutuhkan waktu pengembangan yang lama. Untuk aplikasi yang harus segera dioperasikan, metode ini kurang tepat.
Metode pengembangan alternative merupakan pembelian paket aplikasi, prototype(prototype yang kecil dikembangkan terlebih dahulu dan ditingkatkan terus menerus samapai prototype selesai dikembangkan), End user computing(EUC) dikembangkan oleh pemakai system, Outsourching dikembangkan dan dioperasikan pihak ketiga.

·   Tantangan dan peluang TI
Adalah pengelolaan etika dalam implementasi TI dan pengelolaan politik TI. Untuk implementasi TI dan perubahan, tidak akan semua level organisasi dapat menerimanya dalam waktu yang cepat dan banyak tantangan yang dihadapi. Namun setelah semua komponen system menerimanya, barulah memnafaatkan Si-Bis untuk keunggulan kompetitif dalam bisnis. Pengendalian merupakan salah satu komponen Si-Bis sehingga perlu dikelola dengan baik agar menghasilkan output yang akurat.

            maka dari itu dengan adanya konsep sistem informasi bisnis, bisa memudahkan para pelaku bisnis untuk lebih berkembang secara lebih lagi dan bisa menentukan langkah apa yang akan diambil agar para pelaku bisnis bisa lebih optimal lagi dalam melayani transaksi yg terjadi di masyarakat seperti definisi sistem informasi bisnis itu sendiri.


Peranan sistem informasi
• Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain:
1. Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global dengan cara melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar global seperti pengawasan tingkat pelayanan dan tingkat biaya, pelayanan penyebaran informasi dengan menggunakan … global network
2. Perencanaan strategi perusahaan dan kebijakan dengan cara mengetahui selera konsumen, peluang pasar di tempat lain
3. Pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi. Dengan adanya strategi perusahaan maka akan bisa mengembangkan produk dan mapu bersaing di pasar global dan terbentuk kelompok kerja yang meluas dan membentuk sistem delivery yang luas)

• Melakukan perubahan ekonomi industri dengan cara
1. menyediakan informasi dan pengetahuan berbasis ekonomis, mengetahui daya beli masyarakat, mengetahui informasi seperti kurs valuta asing sehingga memudahkan pengambilan keputusan dalam hal pembelian bahan baku, jumlah produksi, tingkat keamanan suatu negara mempengaruhi daya beli masyarakat, bencana alam juga mempengaruhi tingkat pembelian masyarakat sehingga mempengaruhi exprot kita
2. meningkatkan produktivitas seperti perencanaan jadwal kerja, perencanaan jumlah produksi, mengurangi waktu menganggur
3. meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.= peningkatan daya saing kita lihat dari jasa informasi, mengetahui selera masyarakat, meningkatkan kepuasan pelanggan.

• Menyediakan informasi secara global dengan cara meningkatkan komunikasi dan analisis perdagangan dalam skala global seperti mempersingkat proses produk, melakukan analisis melalui SWOT pesaing, bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan ini dapat terjadi karena proses produk dapat dipersingkat




sumber :
http://dwiasihrahaayu.blogspot.com,

0 komentar:

Posting Komentar