Definisi Sistem Informasi Bisnis
Sistem yang melayani
transaksi-transaksi bisnis yang terjadi di tingkat bawah(operasional)
organisasi.
Data data dari manajemen operasional dikumpulkan dan diolah sehingga
menjadi informasi yang berguna bagi semuanya.
System informasi di fungsi-fungsi organisasi memanfaatkan basis data untuk
membuat laporan-laporan yang dibutuhkan disemua tingkatan manajemen.
Kerangka System Informasi Bisnis
Terdiri dari konsep
dasar Sistem Informasi Bisnis, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Si-Bis untuk
Keunggulan kompetitif, Perencanaan Si-Bis, dan Tantangan & Peluang TI.
Berikut ini penjelasannya :
· Teknologi Informasi dan Komunikasi
Adalah Teknologi yang memanfaatkan Teknologi
computer,Internet, dan teknologi komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah
pada kegiatan dan operasional organisasi atau perusahaan.
· Sistem Informasi Bisnis untuk Keunggulan Bersaing
Si-Bis dapat diterapkan di internal atau
eksternal organisasi. Di internal organisasi, Si-Bis diterapkan pada
fungsi organisasi dan di tingkat manajemen. Di eksternal organisasi bertujuan
untuk menjangkau pihak eksternal perusahaan agar lebih efektif. Pihak eksternal
bisa berupa organisasi lainnya(untuk EDI) atau pemakai individu termasuk
konsumen perusahaan.
· Perencanaan Sistem Informasi Bisnis
Perencanaan Si-Bis
dapat dikembangkan dengan mtode SDLC atau metode alternative. Metode
perencanaan denan SDLC dapat menghasilkan system yang berkualitas, tetapi
membutuhkan waktu pengembangan yang lama. Untuk aplikasi yang harus segera
dioperasikan, metode ini kurang tepat.
Metode pengembangan alternative merupakan pembelian paket aplikasi,
prototype(prototype yang kecil dikembangkan terlebih dahulu dan ditingkatkan
terus menerus samapai prototype selesai dikembangkan), End user computing(EUC)
dikembangkan oleh pemakai system, Outsourching dikembangkan dan dioperasikan
pihak ketiga.
· Tantangan dan peluang TI
Adalah pengelolaan etika dalam implementasi TI dan pengelolaan politik TI.
Untuk implementasi TI dan perubahan, tidak akan semua level organisasi dapat
menerimanya dalam waktu yang cepat dan banyak tantangan yang dihadapi. Namun
setelah semua komponen system menerimanya, barulah memnafaatkan Si-Bis untuk
keunggulan kompetitif dalam bisnis. Pengendalian merupakan salah satu komponen
Si-Bis sehingga perlu dikelola dengan baik agar menghasilkan output yang
akurat.
maka dari itu dengan
adanya konsep sistem informasi bisnis, bisa memudahkan para pelaku bisnis untuk
lebih berkembang secara lebih lagi dan bisa menentukan langkah apa yang akan
diambil agar para pelaku bisnis bisa lebih optimal lagi dalam melayani
transaksi yg terjadi di masyarakat seperti definisi sistem informasi bisnis itu
sendiri.
Peranan sistem informasi
• Meningkatkan pelayanan secara global/menyeluruh antara lain:
1. Mampu meningkatkan persaingan bisnis secara global dengan cara melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar global seperti pengawasan tingkat pelayanan dan tingkat biaya, pelayanan penyebaran informasi dengan menggunakan … global network
2. Perencanaan strategi perusahaan dan kebijakan dengan cara mengetahui selera konsumen, peluang pasar di tempat lain
3. Pengambilan keputusan untuk pengembangan produk dan ekspansi. Dengan adanya strategi perusahaan maka akan bisa mengembangkan produk dan mapu bersaing di pasar global dan terbentuk kelompok kerja yang meluas dan membentuk sistem delivery yang luas)
• Melakukan perubahan ekonomi industri dengan cara
1. menyediakan informasi dan pengetahuan berbasis ekonomis, mengetahui daya beli masyarakat, mengetahui informasi seperti kurs valuta asing sehingga memudahkan pengambilan keputusan dalam hal pembelian bahan baku, jumlah produksi, tingkat keamanan suatu negara mempengaruhi daya beli masyarakat, bencana alam juga mempengaruhi tingkat pembelian masyarakat sehingga mempengaruhi exprot kita
2. meningkatkan produktivitas seperti perencanaan jadwal kerja, perencanaan jumlah produksi, mengurangi waktu menganggur
3. meningkatkan produk dan pelayanan yang inovatif dan kreatif.= peningkatan daya saing kita lihat dari jasa informasi, mengetahui selera masyarakat, meningkatkan kepuasan pelanggan.
• Menyediakan informasi secara global dengan cara meningkatkan komunikasi dan analisis perdagangan dalam skala global seperti mempersingkat proses produk, melakukan analisis melalui SWOT pesaing, bahan baku yang sama tapi harga yang lebih rendah akan meningkatkan penjualan ini dapat terjadi karena proses produk dapat dipersingkat
sumber :
http://dwiasihrahaayu.blogspot.com,
0 komentar:
Posting Komentar